3 Hal Mengenai Qurban yang Harus Diketahui

3 Hal Mengenai Qurban yang Harus Diketahui

Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u4050339/public_html/annexemagazine.com/wp-content/plugins/remove-footer-credit/remove-footer-credit.php on line 116

Qurban merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Dimana pelaksanaannya bersumber dari kisah Nabi Ibrahim dan Ismail. Tentu saja tata cara dan peraturannya diatur dengan lengkap dalam fiqih pula.

3 Hal Mengenai Qurban yang Harus DiketahuiFiqih Mengenai Qurban secara Umum

Dalam melakukan qurban tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelakunya yakni umat muslim. Hal tersebut bisa dipelajari secara detail dengan mengunjungi Media Pelajaran Fiqih Online. Berikut beberapa informasi singkat mengenai aturannya:

1. Jenis Hewan Sembelihannya
Menurut ilmu fiqih, tidak semua hewan bisa digunakan untuk sembelihan. Namun, terdapat beberapa syaratnya. Persyaratannya ialah merupakan ternak baik sapi, kambing, kerbau, domba, dan juga unta.
Umur hewan yang hendak disembelih harus lebih dari 6 bulan hingga 5 tahun sehingga tidak terlalu muda. Selain itu, sembelihan dalam keadaan sehat serta tidak ada cacat apapun seperti pincang, sakit, serta terlalu kurus.

2. Syarat Melakukan Qurban
Orang yang bisa melakukan qurban memiliki persyaratan tertentu dimana lebih longgar daripada ketentuan lainnya. Syaratnya yakni beragama Islam, bukan musafir, memiliki harta lebih untuk membeli hewan sembelihan, serta melakukan niat.
Qurban tidak harus dilakukan oleh orang yang sudah baligh dan berakal namun haruslah mampu. Oleh sebab itu, sah saja jika hendak membelikan anak seekor hewan sembelihan dan diniatkan darinya.

3. Tata Cara Penyembelihan
Tata cara penyembelihan hewan qurban ialah diawali dengan mempersiapkan peralatan yang sesuai yakni pisau tajam, tali, dan lain-lain. Setelah itu tak lupa pula seorang penyembelihnya harus berpengalaman dan memenuhi syarat.

Hewan disembelih dengan sekali tebasan di bagian lehernya bersamaan mengucapkan niat dan basmallah. Penyembelihan dilakukan secara cepat dan tepat agar tidak menyakiti sembelihan maka dari itu harus menggunakan pisau tajam dan menyembelih berpengalaman.

Melaksanakan qurban ialah salah satu bentuk kecintaan umat terhadap penciptanya karena hal tersebut merupakan ibadah kepadaNya. Jika melakukannya dengan penuh keyakinan dan diiringi niat yang benar insya Allah diterima pula oleh Allah.

Demikian artikel mengenai fiqih tentang ibadah qurban yang mana dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah tersebut. Pastikan sudah mengetahui ilmunya agar sesuai dan mendatangkan banyak faedah baik untuk diri sendiri dan juga masyarakat sekitar.